Monday 14th October 2019

Peringati Hari Anak Nasional 2019 MTsN 1 Tangsel Deklarasikan “Madrasah Ramah Anak”

Peringati Hari Anak Nasional 2019 MTsN 1 Tangsel Deklarasikan “Madrasah Ramah Anak”

Tangsel (31/07/2019): Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional Tahun 2019, MTsN 1 Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan kegiatan Outdoor Classroom Day (OCD) yaitu kegiatan belajar di luar kelas selama satu hari (31/07/2019) dengan berbagai agenda kegiatan menarik.

Acara OCD dimulai pada pukul 07.00 WIB dengan diawali kegiatan muraja’ah Al-Qur’an bersama seluruh dewan guru dan para siswa yang bertempat di halaman madrasah. Setelah kegiatan muraja’ah acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan “Deklarasi Madrasah Ramah Anak” yang diikuti oleh seluruh siswa, guru dan pegawai madrasah. Setelah pembacaan deklarasi hal menarik yang dilakukan adalah penandatanganan spanduk oleh seluruh warga madrasah sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan madrasah ramah anak.

Acara yang dipimpin langsung oleh Plh. Kepala MTsN 1 Kota Tangerang Selatan, Dra. Eka Munawaroh, M.Ed. juga dihadiri Dr. H. Suhardi, M.A., selaku Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Kota Tangerang Selatan dan sekaligus memberikan sambutan dan arahan bagi para guru dan siswa. Dalam sambutannya Suhardi menekankan pentingnya komitmen seluruh pihak madrasah untuk secara serius mewujudkan sekolah atau madrasah yang ramah anak. “Guru harus memperlihatkan keramahan saat mengajar, para siswa harus riang dan senang saat mengikuti belajar, begitu juga para pegawai harus ramah saat menjalankan tugas-tugas pelayanannya,” tegas Suhardi.

Sedangkan Eka Munawaroh dalam sambutannya mengharapkan agar dengan adanya deklarasi ini seluruh sivitas akademika madrasah mendukung program ini dan melaksanakannya dengan sebaik mungkin dan berkelanjutan.

Sementara itu Abd Rozak, M.A. selaku ketua OCD yang juga sebagai PKM Bidang Kesiswaan mengharapkan agar MTsN 1 Kota Tangsel menjadi salah satu contoh sekolah ramah anak di Kota Tangerang Selatan. “Dengan harapan siswa menjadi senang, guru tenang, dan orang tua pun bahagia.” ucapnya.

Selain acara deklarasi, beberapa agenda lainnya juga dilaksanakan dalam kegiatan OCD tersebut, yaitu: Senam
Bersama, Gerakan Cinta Bumi (menyiram tanaman), Permainan Tradisional
(permainan anak-anak), dan Gerakan Literasi dimana setiap siswa membawa satu
buah buku dari rumah masing-masing untuk dibaca di madrasah. Dari kegiatan membaca setiap siswa diwajibkan membuat  review dalam bentuk catatan di kertas dan ditempel di
mading kelas masing-masing. (ich)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.