Monday 14th October 2019

Belajar Berkurban Melatih Siswa Bersyukur dan Berbagi

Belajar Berkurban Melatih Siswa Bersyukur dan Berbagi

Tangsel (12/08/2019): Dalam rangka merayakan Idul Adha atau biasa disebut Hari Raya Qurban tahun 1440 H, Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kota Tangerang Selatan __sebagaimana tahun-tahun sebelumnya__ menyelenggarakan pemotongan hewan qurban di lingkungan madrasah. Pelaksanaan pemotongan hewan qurban dilaksanakan pada hari kedua Iedul Adha, yaitu tanggal 11 Dzulhijjah 1440 H. yang bertepatan dengan tanggal 12 Agustus 2019.

Jumlah hewan qurban yang dipotong pada tahun ini berupa sapi sebanyak 4 ekor dan kambing sebanyak 2 ekor. Hal tersebut sebagaimana disebutkan oleh Drs. Ashar Munadi, selaku ketua panitia pelaksana kegiatan ini. Ashar menyebutkan bahwa untuk tahun ini jumlah hewan qurban yang dipotong meningkat khususnya sapi yaitu 4 ekor. “Alhamdulillah, untuk tahun ini hewan qurban yang dipotong, sebanyak 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Khusus sapi sebanyak 4 ekor, 3 ekor berasal dari infak seluruh siswa-siswi, guru dan karyawan madrasah, sedangkan 1 ekor dari perorangan yang juga berasal dari individu guru dan siswa” imbuh Ashar.

Ashar juga mengatakan bahwa pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk melatih siswa belajar berkurban baik dari tatacara pelaksanaan maupun teknis pembagiannya. Daging kurban dibagikan kepada para mustahik baik yang berasal dari siswa maupun kalangan masyarakat yang ada di lingkungan madrasah dan sekitarnya. Ada juga sebagian yang dimasak untuk dimakan bersama para siswa, guru, dan pegawai madrasah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan kepada para siswa sikap bersyukur dan berbagi dengan sesama, dan tentunya juga untuk mendapat ridha Allah Swt,” imbuh Ashar.

Kegiatan lomba melukis dan mewarnai dengan tema Qurban.

Sementara itu, dalam rangka merayakan sekaligus mendalami makna Iedul Adha, diselenggarakan juga lomba melukis perorangan (perwakilan masing-masing kelas) dengan tema qurban. “Tujuan kegiatan ini agar siswa lebih kreatif untuk menuangkan ide-ide cerdas mereka dalam menerjemahkan makna berkurban,” jelas Masri’ah, M.A. selaku pembina OSIS MTsN 1 Kota Tangsel. (ich)

banner 468x60

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.